Cara Jerman Mengatasi Peredaran Rokok dan Perokok

peringatan dari pemerintah Indonesia:
“merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.”
peringatan dari pemerintah Jerman: 
“rauchen kann tödlich sein.”
(rokok dapat memicu kematian) 

  • Mesin rokok ototmatis

mesin ini ada dimana-mana, meski dikampung kecil sekalipun. Kehadiran mesin ini telah menunjukkan betapa pemerintah amat peduli untuk memerangi peredaran bebas rokok dan perokok usia dini. Pemandangan seperti di jalanan kota besar indonesia dimana anak jalanan (dibawah umur) bebas merokok sangat berbeda apabila dibandingkan di jerman dan tak akan bisa didapatkan.

  • display rokok di supermarket yang dikunci

penjualan rokok di swalayan tidak sembarangan. Rokok ditempatkan di sebuah tempat yang terlindungi dari pengambilan sesuka konsumen. Jika ingin membeli, harus meminta ijin petugas kasir atau petugas lainnya yang terlihat ditempat. Setelah yakin si pembeli telah cukup dewasa, kasir membuka kotak display gelas dengan kunci atau dengan menekan tombol dari kassa. Display yang biasanya di sebelah meja kasir itu amat aman rupanya.

  • pembagian ruang perokok dan non perokok

bagi para penumpang kereta api di jerman, tidak perlu khawatir terbatuk-batuk karena asap rokok penumpang lain atau perasaan lain dari akibat sebagai perokok pasif. Ini dikarenakan pembagian ruangan gerbong dengan ‘raucher’ (perokok) dan ‘nicht raucher’ (bukan perokok) amat jelas. Pengumuman itu tertera di dinding gerbong dan tiket yang ada ditangan masing-masing penumpang. Sebaiknya tidak melanggar aturan ini jika tidak kena damprat dan kena denda.
Begitu pula dengan restoran, pemilik akan mendesain ruangan sedemikian rupa agar pemisahan perokok pasif dan aktif tidak saling mengganggu. Sebuah atmosfir yang nyaman bagi semua, bukan? Yang mau merokok ada tempatnya di raucherlunge, yang tidak ingin menghisap asapnya bisa tersenyum manis pula. Das ist aber toll!

  • pembatasan jumlah rokok yang masuk jerman

dalam acara zoll kontrolle, pihak bea cukai banyak menemukan para ausländer bahkan lokal yang menyelundupkan rokok di bandara atau di perbatasan jerman dengan negara lain lewat jalur darat.
Di bandara biasanya ketentuannya adalah satu orang satu bos rokok, jika melebihinya harus didenda dengan hitungan tertentu. Ada beberapa orang yang tidak mau membayarnya dan menyerahkan rokok itu kepada bea cukai. Tetapi, ia disuruh memilih membayar atau dikurung. Terpaksa ia membayar dan ngeloyor pergi sembari mengomel.
Sedangkan di jalan darat, bea cukai jerman banyak menemukan para sopir transport barang dari berbagai negara yang menyembunyikan bos rokok lebih dari dua, dibawah kursi sopir, dan tempat-tempat lain yang tersembunyi. Tetapi seperti biasa, bea cukai sungute landep (punya insting yang kuat). Mereka ini amat berpengalaman dan lebih pintar dari penipu manapun.

  • pembatasan masuknya kretek



dari sekian banyak rokok dalam display berbagai supermarket, amat jarang ditemukan nelkenzigaretten (yang berkretek). Kebanyakan rokok tersebut sudah ‚fine‘ (red: Mild, light, berfilter).
Para perokok jerman ternyata tak hanya menyukai rokok yang sudah jadi batangan, banyak dari mereka ini masih nglinting (membuat rokok dari tembakau dengan lintingan kertas tipis). Waduh serasa melihat jaman kakek-kakek di desa indonesia. Mereka mengatakan ini tak hanya dari segi ekonomis, tetapi rasa puas dalam menyiapkan ‘hidangannya’ ini yang paling sensasional. Maklum, sebungkus rokok berisi 12 saja seharga minimal 5 euro-an.

  • larangan iklan rokok

pemerintah bundes republik jerman telah melarang kampanye atau iklan rokok di radio dan koran, sejak tanggal 18 juni 1974. Ini diikuti pula oleh keputusan eu dalam mendukung larangan serupa di gedung bioskop, koran dan lainnya.
Sayangnya keluarga jerman yang orang tuanya merokok, secara otomatis melawan aturan pemerintahannya itu lantaran anak-anak mencontoh perilaku mereka sendiri. Apalagi jika ibunya yang merokok seperti kereta api,







0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya yang sederhana ini.mohon maaf jika kurang memuaskan

Pages

Blog Lain Saya

Label

Recent Posts

Postingan Populer

Brankas

Kawan Pusing Kepala

Tukar link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Tips & Info Unik

Tentang Saya

Foto saya
PROMOSI: kafa griya busana berada di jl.kyai gede no.14 griya busana ini baru-baru ini di buka melayani grosir dan eceran mukena,macam-macam batik,daster,longdres dll